Banjir Aceh Barat landa 322 desa

bupati aceh barat t alaidinsyah menyebutkan banjir melanda sebanyak 322 desa dan tersebar dalam 12 kecamatan, namun tidak banyak korban jiwa selama bencana tersebut.

sejauh ini tak banyak korban jiwa juga kami harapkan hujan tidak lagi turun. kondisinya ketika ini sudah darurat serta warga kita minta tetap hati-hati, ujarnya selama meulaboh, sabtu malam.

saat mengunjungi objek wisata pengungsian pada kecamatan johan pahlawan, bupati alaidinsyah menyatakan kawasan terparah dilanda banjir merupakan woyla timur dan berjarak sekitar 50 kilometer arah utara meulaboh.

didampingi kepala jenis kedaruratan badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) aceh barat dedek risman, ia mengatakan seluruh tim siaga bencana sudah siaga disejumlah objek wisata dan mengevakuasi warga ketempat lebih alami.

Informasi Lainnya:

menurut alaidinsyah, meskipun tak banyak korban jiwa, kerugian diperkirakan cukup sulit karena ada empat unit rumah penduduk dan jembatan rusak pada kecamatan pante ceureumen, juga woyla timur.

untuk kerugian masih dalam pendataan. hal yang gamblang saat ini banyak padi petani dan telah dalam panen hanyut akibat banjir, ujarnya menambahkan.

sementara tersebut dedek risman menambahkan, pihaknya mendirikan dapur publik di desa pasie mesjid kecamatan johan pahlawan, ternyata untuk kecamatan lainnya hanya dikirim logistik dengan perahu karet.

lebih 5.000 jiwa yang sudah didata sebagai pengungsi serta memperoleh jatah santunan logistik.

warga woyla timur dan kecamatan lain tidak hendak dievakuasi karena tersebut kita hanya mengirimkan logistik sebab disana mereka mengungsi pada kawasan lebih tinggi dan sifatnya berpencar-pencar, ujarnya menambahkan.

samsuar, salah betul pengungsi korban banjir asal desa pasie masjid johan pahlawan mengaku desanya sudah seringkali dilanda banjir.

seharusnya dibangun tebing dipingir sungai dan saluran air dibenahi, karena banjir disini selain faktor hujan serta sungai meureubo itu paling mengancam, apalagi pemukiman kami dekat melalui aliran sungai, ujarnya.

banjir dan menyebabkan terputusnya arus transportasi darat meulaboh-tutut karena ketingian air selama bada jalan hampir Salah satu meter.