Diplomat asing di Korea Utara mendadak berkumpul

para diplomat asing pada pyongyang sabtu ini berkumpul membahas anjuran mengungsi korea utara karena kekhawatiran negara terisolasi itu bersiap meluncurkan rudalnya dan dapat memicu ketegangan nuklir.

para kepala misi diplomatik uni eropa setuju berhadapan supaya memesan posisi bersama setelah pyongyang memperingatkan kedutaan besar asing di negeri itu bahwa mereka tidak mampu menjamin keamanan bila konflik pecah dan kedubes-kedubes asing harus mempertimbangkan agar angkat kaki dari korea utara.

namun ada besar pemerintahan asing tidak berencana baik personel diplomatiknya, ternyata sebagian lagi menyebut saran pyongyang itu taktik untuk memperbaiki kecemasan atas krisis dan tengah terjadi di semenanjung korea.

kami yakin mereka mengambil cara ini sebagai bagian dari retorika kiranya as merupakan ancaman bagi mereka, papar juru bicara departemen luar negeri inggris di london.

Informasi Lainnya:

peringatan ke kedubes-kedubes asing itu bertalian melalui catatan korea utara sudah memasang dua peluru kendali jarak menengahnya di peluncur-peluncur bergerak (mobile) dan menyembunyikannya dalam fasilatas-fasilitas bawah tanah gampat ditempuh pesisir timur negeri tersebut.

utara tampaknya bermaksud menembakkan peluru kendali tidak peringatan lebih-lebih dahulu, lapor kantor berita korea selatan yonhap mengutip asli pejabat senior pemerintahan selatan.

kemungkinan rudal yang dipasang adalah peluru kendali musudan yang belum sudah diujicoba. missil ini berjangkauan 3.000 km makanya dapat mencapai sasaran-sasaran di korea selatan juga jepang, malahan pangkalan militer as selama guam, samudera pasifik.

gedung putih menganggap sepi langkah korea utara itu.

kami sudah menikmati mereka meluncurkan rudal-rudal itu dalam masa lalu...serta itu ingin sebanding dengan retorika serta aksi-aksi mereka yang hanya menggertak juga tak konstruktif, kata juru bicara gedung putih jay carney semisal dikutip afp.

korea utara belum terbukti mengakibatkan skill meluncurkan peluru kendali antarbenua dan dapat menyerang as, bahkan kaum pakar yakin utara belum bisa menerbitkan kepala nuklir selama rudal jarak menengahnya.

kendati terlalu, penduduk internasional tetap mengkhawatirkan situasi selama semenanjung korea hendak berada pada luar kendali.

keperihatinan terakhir disampaikan mantan pemimpin kuba fidel castro dan mengingatkan ada Salah satu bahaya konflik nuklir yang lebih tinggi dibandingkan krisis missil kuba di 1962.

jika perang pecah selama semenanjung korea maka mau merupakan pembantaian mengerikan rakyat (korea), tulis castro selama halaman depan koran granma, kuba.

pbb sendiri menyatakan tidak berencana baik stafnya keluar dari korea utara, sementara menteri luar negeri rusia sergei lavrov menungkapkan moskow sedang berkonsultasi dengan china tentang peringatan utara tersebut, serta melalui as juga para anggota kelompok enam.

sementara tersebut angkatan laut korea selatan menyatakan telah menggelarkan dua kapal perang destroyer aegis dalam pantai timur dan barat, dengan lokasi menggunakan program peluncuran rudal korea utara, demikian.