Pangdam XVII Cendrawasih: perayaan 1 Mei dipusatkan di Sorong

perayaan 1 mei ataupun hari kembalinya papua ke pangkuan nkri (negara kesatuan republik indonesia) rencananya akan dipusatkan di wilayah sorong, papua barat. itulah diutarakan pangdam xvii/cenderawasih mayjen tni christian zebua terhadap wartawan, jumat selama sentani.

seluruh papua dicari mampu merayakannya, ujar pangdam.

pangdam menjelaskan perayaan 1 mei kali ini berpusat di sorong karena menurut sejarah, tentara indonesia mulai mengusir penjajah diawali dalam wilayah sorong.

nah akhirnya diputuskan mau dirayakan lumayan besar-besaran dalam sorong, tegasnya.

Informasi Lainnya:

ia menyatakan perayaan 1 mei selama sorong ini hendak diselenggarakan dengan gubernur papua barat dan perangkatnya dibantu dengan jajaran tni.

bisa jadi tahun depan ingin digelar pula dalam jayapura, itu tak menutup kemungkinan, urainya.

pangdam menambahkan perayaan tinggal papua ke pangkuan nkri ini akan dilaksanakan dengan bergantian dalam beberapa wilayah dalam papua maupun dalam papua barat.

perayaan kembalinya papua ke pangkuan nkri dan jatuh dalam tanggal 1 mei tersebut, biasanya daripada tahun ke tahun dirayakan secara besar-besaran dengan tni dibantu dengan pemerintah daerah setempat.

hal ini terbuat untuk warga mengingat kembali jasa-jasa pahlawan yang sudah mengorbankan nyawanya agar merebut kemerdekaan dan ketika ini didatangi masyarakat luas dalam bumi cenderawasih.