Sulbar optimis produksi padi satu juta ton, asal...

pemerintah provinsi sulawesi barat optimis bisa mencapai produksi padi Salah satu juta ton pada tahun 2014.

asalkan pemerintah selama tingkat pusat mengembangkan sarana irigasi juga bendungan dan amat diperlukan dalam rangka memperbaiki produksi pertanian pada sulbar, dengan demikian target produksi padi Salah satu juta dalam tahun 2014 ingin mampu baik,tutur wakil gubernur sulbar, aladin s mengga, di mamuju, sabtu.

ia mengatakan, dalam sulbar terdapat dua bendungan yang mau mengairi 12 ribu hektare sawah petani yakni di bendungan sekka sekka dalam kabupaten polman dan bendungan tommo pada kabupaten mamuju.

jumlah tersebut masih belum cukup mengairi sawah petani di sulbar yang luasnya mencapai 67 ribu hektare sehingga butuh dibangun dulu bendungan juga sarana irigasi untuk berbagai areal pertanian padi membeli pengairan teratur yang mampu memperbaiki masa tanamnya dari Satu kali merupakan dua kali dalam setahun, ujarnya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, pemerintah selama sulbar harapkan pemerintah di tingkat pusat membantu membangunkan bendungan di sulbar dalam rangka mendukung peningkatan produksi pertaniannya.

pemerintah pusat mesti membantu mengembangkan bendungan di sulbar untuk ada sumber air dan mau mengairi sawah petani selama lima kabupaten pada sulbar melalui lebih-lebih dahulu membangun irigasi teknis untuk salurannya,katanya.

ia menungkapkan, pemerintah pada tingkat pusat harus dan membantu intensifikasi juga eksentifikasi serta membantu penggunaan teknologi pertanian selama sulbar secara masif melalui terus menambah alokasi anggarannya dengan santunan apbn.

menurut dia, kalau santunan pemerintah maksimal maka produksi padi sulbar dan dalam tahun kemarin mencapai 360 ribu ton hendak mampu meningkat mencapai Salah satu juta ton 2014.