Dinkes: waspadai ispa dan diare saat pancaroba

dinas kesehatan kota yogyakarta mengingatkan warga agar tetap mewaspadai sejumlah penyakit yang seringkali ditampilkan ketika musim pancaroba, semisal infeksi saluran pernapasan akut serta diare.

angka penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ispa) sata musim pancaroba kerap mengalami peningkatan, begitu pula melalui diare. hal ini berkenaan dengan perubahan kondisi cuaca dari hujan ke kemarau, kata kepala dinas kesehatan kota yogyakarta tuty setyowati pada yogyakarta, selasa.

menurut tuty, upaya yang bisa diselenggarakan dengan penduduk supaya tidak terserang kedua penyakit tersebut merupakan menjaga pola hidup bersih serta terjamin kesehatannya serta memperbaiki daya tahan tubuh.

peningkatan daya tahan tubuh, lanjut dia, dapat dilaksanakan melalui menjaga pola makan yang seimbang, tidak mengonsumsi makanan yang begitu pedas, menggarap aktivitas olahraga dengan teratur, juga beristirahat lumayan.

Baca juga: Obat Pelangsing perut - Obat Pelangsing perut - Obat Pelangsing Badan - Obat Pelangsing perut

cuaca dan cukup panas akhir-akhir ini serta bisa menekan daya tahan tubuh. jika sudah iklim cukup panas, ketika beraktivitas mesti memakai pelindung. atau, manakala hujan turun tiba-tiba, jangan nekat supaya menerobos hujan, katanya.

ia menyampaikan bahwa pola hidup bersih dan terjamin kesehatannya, seperti selalu menjaga kebersihan lingkungan, mencuci tangan setiap kali tuntas beraktivitas ataupun sebelum makan, merupakan kebiasaan yang harus tetap dijaga.

selama musim pancaroba, papar tuty, penyakit hepatitis a juga dimungkinkan meningkat sebab kondisi lingkungan dan kurang bersih.

jika sudah sedang sakit, sebaiknya mencari masker dan menutup hidung juga mulut untuk tak menularkan penyakit ke orang lain. manakala telah harus istirahat, sebaiknya beristirahat, katanya.

sebelumnya, badan meteorologi, klimatologi, serta geofisika (bmkg) yogyakarta memprakirakan wilayah diy telah memasuki musim pancaroba mulai april.

namun, ada sederat daerah yang telah memasuki musim kemarau, yakni kabupaten gunungkidul, sementara kota yogyakarta mau memasuki kemarau pada akhir april, serta kabupaten kulon progo diprakirakan memasuki musim kemarau dalam akhir mei.

meskipun rata-rata wilayah dalam diy sudah memasuki musim pancaroba, bmkg tetap menyewa penduduk supaya jangan sembarangan kepada meningkatnya potensi angin kencang disamping masih keberadaan potensi hujan ekstrem ketika sore dan malam hari.