Kepala BPN serahkan 17.680 sertifikat di Makassar

kepala badan pertanahan nasional (bpn) ri, hendarman supandji memberikan sertifikat tahap pertama tahun 2013 sebanyak 17.680 sertipikat tanah terhadap warga, polda sulsel, kodam wirabuana, dinas perhubungan juga instansi pemerintah yang lain pada makassar, senin.

dalam keterangan tertulis humas bpn, menyebutkan penyerahan sertifikat itu diselenggarakan secara simbolik dengan kepala bpn terhadap 46 penerima pada halaman rumah jabatan gubernur sulawesi selatan, senin.

sebanyak 17 ribu lebih sertifikat ini merupakan hasil kerja kanwil bpn sulawesi selatan dari januari 2013 sampai kini. ini merupakan hasil kerja luar biasa dari segenap jajaran bpn sulsel. total target tahun ini 38 ribu sertifikat tanah di sulawesi selatan, kata hendarman.

dia menjelaskan agar semua wilayah indonesia terdapat sekitar 85 juta jenis tanah yang perlu disertifatkan. hingga saat masih 45 juta jenis yang sudah diberikan sertipikat.

Informasi Lainnya:

oleh sebab itu, jajaran bpn ri supaya bekerja lebih bersegeralah agar memberikan pelayanan sertifikat tanah dan lebih bagus kepada masyarakat.

hendarman menekankan supaya seluruh jajaran selama bekerja taat kepadan ajaran dan taat pada azas agar warga memperoleh pelayanan paling pas.

pada kesempatan tersebut, hendarman kembali mengingatkan dua tugas dan diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya pada memimpin bpn. presiden memberi aku dua tugas yakni mengurangi sengketa juga mesti disadari terhadap orang kecil, katanya.

untuk itu, bpn ingin selalu menggalakkan program-program pro-rakyat dan pada ini telah berjalan. program-program tersebut diantaranya sertipikat prona tidak mengeluarkan biasa, website jemput bola layanan sertifikat tanah supaya rakyat (larasita) juga web one day service.

mantan jaksa agung ri itu serta menekankan kembali prinsip dasar bahwa tanah merupakan sumber kesejahteraan serta kemakmuran bagi rakyat, sehingga tanah harus dihindarkan dari spekulasi.

sejalan dengan penggalakan website pro-rakyat tersebut, bpn dan mau mempertimbangkan hak untuk upaya-upaya (hgu) bagi perusahaan atau holding perusahaan dan sudah memiliki hgu lumayan luas. saya serta hendak meminta untuk pemegang hgu membangun konsep plasma serta inti agar penting terhadap penduduk, tegasnya.

kepala kanwil bpn sulawesi selatan, elfachri budiman mengatakan 17.680 sertipikat yang dibagikan itu keduanya terdiri dari prona 11.282 bidang, redistribusi tanah agar rakyat miskin 2942 jenis, usaha kecil menengah (ukm) 465 bidang, nelayan 469 bidang, warga berpenghasilan rendah (mbr) 75 bidang, instansi pemerintah 474 jenis, larasita 1.097 jenis, wakaf 73 jenis serta sisanya 803 untuk pertanian.

elfachri dan mengakui sengketa tanah cukup banyak di wilayah kerjanya. kami sudah menyelesaikan 220 sengketa lewat mediasi dan gelar perkara, ujarnya.

sementara itu, gubernur sulsel syahrul yasin limpo mengatakan pihaknya siap berusaha sama melalui bpn agar melancarkan proses sertipikasi tanah bagi penduduk. jenis kerja sama itu salah satunya melalui penandatangan mou antara gubernur sulsel dengan kakanwil bpn sulsel dan disaksikan kepala bpn ri.