Iran: Korut dipaksa berkonfrontasi dengan AS

korea utara tidak sediakan produk disamping berkonfrontasi dengan amerika serikat, dan semestinya disalahkan atas ketegangan di semenanjung korea, papar asli jenderal iran.

ketegangan pada wilayah tersebut disebabkan dengan desakan amerika serikat... dan pengetatan sanksi terhadap korut, papar wakil kepala staf angkatan darat iran, brigjen masoud jazayeri, semisal dikutip kantor berita fars, jumat.

sebagai efek sampingnya, pemerintah korut tak punya pilihan disamping mengonfrontasi penampilan amerika serikat, ujarnya.

jazayeri juga menyalahkan grup pemicu perang di amerika serikat atas meningkatnya ketegangan tersebut.

Informasi Lainnya:

pyongyang, yang marah akibat sejumlah sanksi perserikatan bangsa bangsa dan gelaran pelatihan militer bersama as-korsel, telah mengeluarkan serangkaian ancaman perang nuklir terbuka dalam beberapa pekan terakhir.

puncak ketegangan tersebut terjadi saat kantor berita yonhap, dan mengutip pejabat pemerintah korsel, menyatakan korut telah menyiapkan rudal jarak menengahnya di perangkat peluncur bergerak dan menyembunyikannya selama fasilitas bawah tanah dekat pantai timur mereka.

jazayeri mendukung korut dalam memanasnya suhu dalam semenanjung korea tersebut dengan menyebut negara independen seperti korut tidak sejalan melalui gaya petualangan amerika serikat

dia dan mengeritik pbb dan dianggap telah terpengaruh oleh amerika serikat juga membiarkan ketegangan menyebar pada kawasan tersebut.

ketegangan di semenanjung korea telah meningkat dari desember, ketika korut memulai launching roket jarak jauhnya.

jazayeri memberi selamat pada pyongyang atas peluncuran itu, akan tetapi iran selama februari menyerukan pemusnahan berbagai senjata atom dalam dunia setelah korea utara mengumumkan percobaan nuklir terbesar mereka.

kita harus berada selama suatu kondisi pada mana tidak banyak negara yang bisa mempunyai senjata nuklir serta senjata pemusnah massal juga senjata nuklir harus dihancurkan, papar jubir kemenlu iran, rahmin mehmanparast, selama saat itu.

pyongyang dan teheran memiliki hubungan menarik dari revolusi islam 1979. kedua negara tersebut menerima sanksi dewan keamanan pbb atas website rudal balistik dan pengayaan nuklir.

sebuah catatan sanksi pbb pada 2011 menyebutkan kiranya teheran dan pyongyang diduga sampaikan teknologi rudal balistik, tetapi tidak banyak konfirmasi terpercaya daripada kedua negara tersebut hingga saat ini, itulah afp.