Pencairan anggaran UN sempat terhambat

proses pencairan dana penyelenggaraan ujian nasional (un) sempat terhambat karena alokasi anggaran untuk kementerian pendidikan serta kebudayaan terkena blokir, kata wakil menteri keuangan, anny ratnawati

kegiatan itu masuk pada model yang diblokir serta dibintang sebab belum memperoleh persetujuan komisi x dpr ri dan belum dilengkapi data dukung berupa tor juga rab, katanya pada pemaparan dalam jakarta, jumat.

anny mengajarkan, dalam mendaftar isian pelaksanaan anggaran (dipa) tahun 2013, kementerian studi serta kebudayaan mencari pagu anggaran rp73,08 triliun, namun 84,9 persen dari anggaran tersebut diblokir.

anggaran tersebut mengalami pemblokiran karena sampai penetapan keputusan presiden no. 37/2012 mengenai rapbn 2013 dan penyerahan dipa terhadap presiden dalam desember kemarin, belum membeli persetujuan komisi x dpr ri serta belum dilengkapi tor serta rab.

Informasi Lainnya:

sedangkan sisa anggaran rp11,01 triliun atau 15,1 persen tak diblokir sebab merupakan aktifitas yang mesti dibayarkan juga dimiliki awal tahun yaitu pembayaran gaji serta operasional perkantoran, ujarnya.

sebanyak rp543,44 miliar dari anggaran kementerian studi juga kebudayaan adalah dana untuk aktifitas un dengan target audien 14.080.619 siswa serta unit biaya rp39.000 per siswa.

namun setelah kementerian studi juga kebudayaan membahasnya melalui komisi x dpr ri, dpr ri menyetujui penetapan dana penyelenggaraan un rp644,27 miliar melalui target audien 12.223.453 siswa juga unit uang rp53.000 per siswa.

buka blokir

anny mengajarkan pula bahwa menteri studi dan kebudayaan lalu mengusulkan pembukaan blokir anggaran un rp543,44 miliar mengacu selama sasaran serta unit biaya di keppres no. 37/2012.

direktur jenderal anggaran, lanjut dia, pada 13 maret 2013 mengesahkan revisi anggaran, termasuk pembukaan blokir anggaran penyelenggaraan un sebesar rp543,44 miliar, sebab kontrak percetakan soal ujian paling lambat ditandatangani 11 maret 2013.

dengan itulah, di dasarnya tak terdapat keterlambatan signifikan agar penandatangan kontrak percetakan soal ujian, ujar anny.

menurut direktur jenderal anggaran, herry purnomo, saat kementerian studi juga kebudayaan memperoleh izin pembukaan blokir anggaran un, kontrak untuk pengadaan sudah siap.

sementara soal anggaran rp100,828 miliar dan belum bisa dicairkan, herry mengatakan, keputusannya masih menanti persetujuan komisi x dpr.

itu ujarnya supaya ujian sd, sebab ujian sd belum berlangsung, ujarnya.