Donald E. Weatherbee: sengketa China Selatan uji peran Indonesia

sengketa dalam laut china selatan yang menggandeng china dan sederat negara asean menguji sejauh mana peran indonesia agar mengembangkan solidaritas kawasan serta menghindari terjadinya eskalasi konflik.

sebagai ketua asean dalam 2011, indonesia selalu memelihara visi hingga pembentukan komunitas asean (2015,red), tapi kita hendak pilih apakah dapat membawa kawasan dalam sikap strategis koheren, serta kesatuan solidaritas politik guna menjadi aktor asean selama menjaga keamanan kawasan, papar peneliti politik dan hubungan internasional donald e. weatherbee.

donald e. weatherbee, profesor dari university of south california, menyatakan hal itu selama pemaparan bertema kemajuan politik luar negeri indonesia yang diadakan lembaga persahabatan indonesia-as (usindo) pada jakarta, jumat.

hal ini adalah tantangan supaya indonesia dalam meneruskan kegemilangan politik luar negerinya. weatherbee, yang lebih dari empat dekade sudah menggarap penelitian pada seluruh universitas dalam asia tenggara, menungkapkan sekarang upaya-upaya indonesia dan negara-negara asean agar menggunakan jalan dialog melalui china adalah permintaan yang sangat rumit,

Informasi Lainnya:

anda kenal rumit melihat fleksibilitas pergerakan maritim china dan seakan menyebutkan kiranya telah tak usah ada peraturan, katanya.

tidak pernah ada isu dan menyebabkan sengketa asean semisal ini, tuturnya menambahkan.

namun, dia memuji peran menteri luar negeri indonesia marty natalegawa yang cekatan berdiplomasi selama pertemuan asean 2011 --saat diketuai kamboja-- sebab berhasil memperoleh persetujuan agar memulai pembahasan laut china selatan. menurut weatherbee, hasil pertemuan saat itu menyelamatkan muka asean tapi selama waktu bersamaan berhasil menjaga hubungan dengan china.

usaha terakhir marty, dapat menyelamatkan asean namun serta tidak menyerang china, ujarnya.

dia menambahkan, indonesia dan usah mengingat tinggal semangat persatuan dan ditularkan terhadap asean dalam 1979, saat vietnam menginvasi kamboja tenntang sengketa perbatasan pada thailand.

dia mengatakan, di saat itu asean melalui inisatif menteri luar negeri indonesia mochtar kusumaatmadja mengemukakan startegi garis depan dan memicu gerakan politik di bangkok serta santunan militer supaya menyelasaikan permasalahan tersebut.

namun, sekarang ketika china menantang filipina dan vietnam, mereka semisal ditinggalkan asean dengan politik, ujarnya.

sekarang banyak 10 anggota asean, dan mayoritas memliki perjanjian investasi serta hubungan baik melalui china dibanding solidraitas asean, katanya.

indonesia dan asean kini sedang mendesak china agar mendiskusikan permasalahan selama laut china selatan serta semua potensi ekonomi di wilayah itu. konfrensi tingkat tinggi asean dalam pekan ini dalam brunei darusalam menghasilkan kesepatakan agar memikirkan pertemuan menlu china dan asean tahun ini di beijing, china.